PEKERJAAN GANDA SEBAGAI IBU DAN SEBAGAI GURU


             Dimasa pandemi ini semua orang tua terutama ibu mempunyai kerja tambahan yaitu sebagai guru bagi anak-anaknya. Biasanya tugas ini hanya dibebankan kepada guru di sekolah, tapi karena semua sekolah harus melaksanakan proses pembelajaran melalui daring, maka mau tidak mau orang tua di tuntut untuk menjelaskan dan membantu putra-putrinya dalam belajar. Di dunia maya banyak beredar video-video yang viral yang memperlihatkan bagaimana seorang ibu yang tidak sabar dalam mengajari putra-putrinya.yang membuat tertawa materi yang diterima siswa lewat daring hanya materi yang mudah, tapi putra-putrinya tidak bisa dengan cepat memahami apa yang dijelaskan oleh ibunya, sehingga menyulut kemarahan si ibu. Ini baru satu anak, apa mereka tidak membayangkan bagaimana dengan guru di sekolah yang harus menjelaskan materi pelajaran kepada murid satu kelas dengan karakter yang berbeda-beda. Bagaimana dengan guru di rumah?

             

Di rumah, seorang guru juga sebagai ibu, jadi seorang guru selama WFH mempunyai pekerjaan ganda, sebagai guru yang mengurusi murid-muridnya dan sebagai ibu yang mempunyai anak sekolah. Kewajiban ini harus berjalan seiring dan sebagai guru dan ibu kita harus bisa mengatur waktu, kapan untuk murid-muridnya, kapan waktu untuk mengajari putra-putrinya. Bagi guru yang putra-putrinya sudah menginjak sekolah SMP atau SMA masih bisa tenang karena mereka sudah bisa belajar mandiri, kalaupun punya kesulitan mungkin tidak banyak. Tapi kalau putra-putrinya masih bersekolah di SD atau di TK, pasti agak sedikit kewalahan karena pada tingkat SD ataupun TK masih butuh penjelasan tambahan agar anak-anak memahami materi lewat daring. Tapi karena guru sudah berpengalaman mengajar murid dengan berbagai karakter, maka kemungkinan besar guru tidak akan tersulut emosi dalam mengajar putra-putrinya sendiri di rumah. Semoga saja.

            Itulah tugas ganda yang harus dilakukan guru selama masa pandemi. Bagi guru yang mempunyai putra-putri yang sudah dewasa mungkin tidak ada masalah, tapi bagi guru-guru yang masih mempunyai putra-putri usia balita, usia sekolah TK, dan usia sekolah dasar pasti akan mengalami sedikit kendala dalam kehidupannya di masa pandemi ini. Semoga guru-guru selalu diberi kesabaran serta kekuatan dalam menjalankan tugas ganda ini

                                              Sumber dari https://youtu.be/mUH3bQebwVo 

Komentar

  1. wow luar biasa dedikasinya, omjay salut dan teruslah menginspirasi kami mellaui pembelajaran jarak jauh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDAHNYA BERBAGI EDISI JUM'AT BERKAH